Modifikasi Lensa Pocket Analog for m4/3

sharing pengalaman aja
memanfaatkan barang bekas yg udah ngga kepakai lagi :D

ceritanya begini
ngga sengaja pas muter2 di pasar loak jatinegara yg niat awal nyari2 lensa tua bin manula barang kali ada yg bagus dan bisa di pake, dan tenyata ane kaga nemuin barang yg ane cari

tiba2 mata tertuju ke kamera pocket nikon jadul yg tampangnya dekil kucel dan basah karena air ujan, itu masih mulus lho mas kata yg jual (mulus sih mulus bisa di pake kaga dalem ati gw) :D gw liat lensa nya masih bening, ah bisa wat experimen neh, pokonya ane bayar 10rb langsung bawa pulang tuh kamera buluk :D.

sampe rumah ane bersihin


udah ngga pake pikir panjang lagi langsung ane bongkar tuh kamera ambil lensanya dan cari cara gmn biar lensa ini bisa nemplok di m4/3 :D
setelah beberapa lama akhirnya copot juga tuh lensa


selanjutnya yg sudah ane siapin
-lensa kamera itu (lensa yg udah di copot kebetulan lensa zoom 35-70)
-extension tube macro m4/3 (biasa wat poto macro kali ini gw jadiin wat mount lensa, yg ane pake mount dan yg nomer 2)

-lem tembak ( kenapa pake lem ini karena dia seperti karet, klo dah dingin dia bakal mengeras, dan bisa tetep menjaga lensa di posisinya)
-kesabaran yg extra, klo dah ngga sabar buang aja :D

disarankan pake lensa zoom, karena bisa maju mundur ini nanti yg di jadikan untuk pengaturan fokus

maaf foto2 step by step nya kurang banyak, yg jelas itu lensa harus nemplok di extube biar bisa masuk ke m4/3




setelah nemplok di extube


mount extube

nemplok di gf1 ane


hasil seadanya dulu
bisa untuk foto macro





setelah modif beberapa sudut jadilah begini





hasil selanjutnya besok aja udah malem capek abis ngoprek

jadi hasilnya dari experimen ane
• lumayan dapet lensa murah bisa wide dan macro
• klo lensa nya tajem hasilnya ya ajieeeb :D

kekurangan dari experimen
• model lensanya ngga enak di liat (kalau kurang rapi yg ngerjain)
• bukaan atau F nya udah fix alias ngga bisa di ganti2 alias open wide
• jangan di simpan di tempat yg panas ( karena lem akan meleleh, klo ada pake lem yg lain)

setelah mencoba ini ane udah ngga penasaran lg ternyata hasilnya memuaskan juga
jadi klo agan punya kamera pocket analog mati (yg analog ya bukan digital) silah kan coba experimen ane di atas


oke semoga berkenan dan jadi inspirasi buat agan sekalian yg mo ngasih :cendols silahkkan atau, sekalian atau mo ngasih :batas ngga apa2 kalau 5 truk wat bangun rumah
0 Komentar untuk "Modifikasi Lensa Pocket Analog for m4/3"

Comment please :D

Back To Top