Pangandaran dan Green Canyon






Kawasan Konservasi Sumber Daya Alam Pangandaran semula merupakan tempat perladangan penduduk. Tahun 1922, ketika Y. Eycken menjabat Residen Priangan, diusulkan menjadi Taman Buru. Pada waktu itu dilepaskan seekor Banteng, 3 ekor Sapi Betina dan beberapa ekor rusa.

Karena memiliki keanekaragam satwa yang unik dan khas serta perlu dijaga habitat dan kelangsungan hidupnya maka pada tahun 1934, status kawasan tersebut diubah menjadi Suaka Margasatwa dengan luas 530 ha.

Tahun 1961, setelah ditemukan bunga Raflesia Fatma yang langka, statusnya diubah lagi menjadi Cagar Alam.

Dengan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan tempat rekreasi, maka pada tahun 1978, sebagian kawasan tersebut (37,70 ha) dijadikan Taman Wisata.

Pada tahun 1990 dikukuhkan kawasan perairan di sekitarnya sebagai Cagar Alam Laut (470 ha), sehingga luas seluruhnya menjadi 1.000 ha.

Dalam perkembangan selanjutnya, berdasarkan SK Menteri Kehutanan No. 104/Kpts-II/1993 pengusahaan wisata TWA Pangandaran diserahkan dari Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam kepada Perum Perhutani.

Kegiatan wisata yang dapat dilakukan di kawasan konservasi Pangandaran dan sekitarnya adalah: lintas alam, bersepeda, berenang, bersampan, scuba diving, snorking dan melihat peninggalan sejarah.


Green Canyon



Buat yg demen ber-petualang, apalagi yg suka dengan nuansa alam terbuka, kayaknya option ini cocok banget…ya idep2 kita lepas dari rutinitas mesin kota…kyk email dan web.
Penemuan Nama green canyon sendiri kata orng situ, di temukan oleh orang swis. Dan karena mirip dengan bentuk green canyon di USA, maka tempat ini di beri nama “green canyon”.
Orang2 asli daerah situ sih menyebut green canyon dengan Cukang Taneuh (red-Jembatan Tanah).
kenapa di sebut dengan jembatan tanah….????
Ya bener2 itu seperti jembatan tanah…..keren deh.
Tempat ini bener2 natural, viewnya juga masih keren. Kita bisa lihat view alam natural, dingin dan sejuk….Kita juga masih bisa lihat hewan2 liar secara langsung…seperti biawak,ular,komodo….dan monyet.
0 Komentar untuk "Pangandaran dan Green Canyon"

Comment please :D

Back To Top